Ruby on Rails: Apa Itu dan Mengapa Kami Menggunakannya

Beberapa klien bertanya mengapa kami memilih untuk menggunakan Ruby on Rails untuk mengembangkan aplikasi web ketimbang framework web atau bahasa pemrograman yang lain. Ini alasannya.

Rails adalah web kerangka (framework) yang membantu para pengembang untuk membangun website dan aplikasi, karena abstrak dan menyederhanakan tugas yang berulang umum.

Rails ditulis dalam Ruby, bahasa pemrograman yang juga digunakan bersama Rails. Ruby adalah untuk Rails sebagai PHP adalah Symfony dan Zend, atau sebagai Python adalah untuk Django. Daya tarik Ruby untuk pengembang terletak pada keanggunan dan kemudahaan bahasa.

Prinsip utama dari Ruby on Rails pengembangan (selanjutnya 'Rails') adalah konvensi di atas konfigurasi. Ini berarti bahwa programmer tidak harus menghabiskan banyak waktu mengkonfigurasi file untuk mendapatkan setup, Rails datang dengan seperangkat konvensi yang membantu mempercepat pembangunan.

Karakteristik lain dari Rails adalah penekanan pada desain aplikasi RESTful. REST adalah gaya arsitektur perangkat lunak berbasis di sekitar hubungan client-server. Ini mendorong struktur logis dalam aplikasi, yang berarti mereka dapat dengan mudah membuka sebagai API (Application Programming Interface).

Dari sudut manajemen proyek pandang, Ruby on Rails advokat komunitas pengembangan web Agile - metode pengembangan berulang, yang mendorong kolaborasi dan fleksibel pendekatan, yang sangat cocok untuk pengembangan aplikasi web dengan cepat perubahan kebutuhan.

Rails welcome page

Pros dan Cons

Keunggulan dan kenapa kami memilih Ruby on Rails:

  1. Proses pemrograman jauh lebih cepat dibandingkan dengan kerangka kerja dan bahasa lain, sebagian karena sifat berorientasi obyek (Object Oriented) dari Ruby dan perpustakaan besar kode sumber terbuka yang tersedia dalam komunitas Rails.
  2. Pemrograman Rails juga membuatnya mudah bagi pengembang untuk bergerak di antara berbagai proyek Rails, karena setiap proyek akan cenderung mengikuti struktur yang sama dan praktek coding.
  3. Rails disukai untuk perkembangan pesat, sebagai kerangka memudahkan untuk mengakomodasi perubahan.
  4. Kode Ruby sangat mudah dibaca dan sebagian besar mendokumentasikan diri. Hal ini meningkatkan produktivitas, karena ada kurang perlu untuk menulis dokumentasi yang terpisah, sehingga memudahkan pengembang lain untuk mengambil proyek-proyek yang ada (Rails Gems).
  5. Rails telah mengembangkan fokus yang kuat pada pengujian, dan memiliki kerangka pengujian yang baik.
  6. Rails dan sebagian besar perpustakaan yang merupakan open source, sehingga tidak seperti kerangka pembangunan komersial lainnya tidak ada biaya lisensi yang terlibat.

Potensi masalah dan keterbatasan Ruby on Rails dan cara mengatasinya:

  • Tidak semua host website dapat mendukung Rails.

    Meskipun benar bahwa tidak semua web host mendukung Rails, hal ini terutama karena Rails membutuhkan fitur-fitur yang lebih intensif daripada PHP, yang tidak bisa diberikan oleh penyedia shared hosting low-end. Namun, hal ini tidak berarti deal-breaker, dan tentu saja Rails-friendly host memang ada, misalnya, Heroku dan EngineYard.

    Atau, Anda dapat meng-hosting aplikasi Rails Anda pada Virtual Private Server (VPS) dengan Amazon EC2, Rackspace, atau Linode. Anda kemudian akan memiliki kontrol penuh atas server dan dapat mengalokasikan sumber daya yang cukup untuk aplikasi Anda.
  • Java dan PHP lebih banyak digunakan, dan ada pengembang lebih dalam bahasa ini.

    Jumlah pengembang Ruby tumbuh dari tahun ke tahun karena lebih banyak orang beralih ke dari bahasa pemrograman lain. Salah satu perbedaan utama antara Ruby dan komunitas lainnya adalah jumlah kode open source (Rails Gems) yang tersedia untuk publik, seperti penulisan ada lebih dari 60 ribu gems yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan aplikasi Anda.
  • Kinerja dan Skalabilitas.

    Ada kekhawatiran bahwa Rails aplikasi tidak secepat Java atau C, memang benar, tetapi untuk sebagian besar aplikasi itu cukup cepat. Ada banyak organisasi profil tinggi yang mengandalkan Rails untuk daya situs mereka termasuk Airbnb, Yellow Pages, Groupon, Channel 5, dan Gov.uk.

    Ada juga pilihan untuk menjalankan aplikasi Anda di bawah JRuby dan kemudian Anda memiliki karakteristik kinerja yang sama seperti Java.

Kesimpulannya

Keputusan kami untuk menggunakan Rails adalah di atas semua salah preferensi pribadi - kita menikmati coding di Ruby on Rails lebih dari bahasa lain atau kerangka, dan kami memproduksi aplikasi terbaik kami dengan itu.

Apakah Anda siap untuk beralih ke Rails? Keputusan ada ditangan Anda.